PAPSMEAR (Deteksi Dini Kanker Mulut Rahim)

Papsmear atau paptest adalah suatu pemeriksaan hasil dari usapan selaput lendir sekitar leher rahim menggunakan alat yang dilakukan oleh bidan ataupun ahli kandungan.
Pemeriksaan ini merupakan pemeriksaan yang mudah, murah, sederhana, aman, dan akurat dan dapat dilakukan di pelayanan kesehatan terdekat seperti : Puskesmas, Rumah Bersalin, Rumah Sakit, Bidan, Klinik, Praktek dokter, dll.
Caranya yaitu dengan mengambil cairan dari vagina/ liang sanggama untuk diteliti apakah terlihat kelainan sel di sekitar leher rahim.
Pemeriksaan ini dilakukan untuk mendeteksi dini adanya kanker leher rahim (serviks), untuk mengetahui perubahan perkembangan sel leher rahim sampai mengarah ke pertumbuhan sel kanker sejak dini, mengetahui keganasan dalam mulut rahim, tubuh rahim, maupun saluran telur.
Hal hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan papsmear yaitu papsmear tidak dilakukan pada wanita yang sedang haid, bagi yang mau melakukan papsmear jangan mencuci liang vagina sebelum dilakukan papsmear, dan jangan melakukan hubungan seks sedikitnya 3 hari sebelum papsmear.
Tes ini merupakan deteksi dini bukan pengobatan. Diagnosis akhir harus melalui biopsi dengan memakai alat yang disebut kolposkopi, yakni semacam mikroskop untuk melihat apakah ada gambaran khas seperti lesi pada prakanker. Hasil biopsi yang telah dikonfirmasikan kepada patolog, baru bisa dijadikan pegangan bagi dokter untuk melakukan tindak pengobatan.
Makin dini penyakit ini diketahui, makin mudah menanganinya. Lebih-lebih dari keadaan normal ke prakanker saja membutuhkan waktu lima tahun. Dari prakanker ke kanker ringan memakan waktu lima tahun, sementara dari ringan ke sedang tiga tahun. Penderita kanker stadium ringan apabila diobati dapat disembuhkan. Maka tak ada salahnya apabila dilakukan pemeriksaan pada saat kondisi masih dalam tahap gejala kelainan sel.
Pemeriksaan ini dilakukan pada :
Perempuan yang berhubungan seks pertamanya dibawah usia 18 tahun.
Perempuan yang telah melakukan hubungan seks lebih dari 1 tahun.
Perempuan dengan perdarahan abnormal (discharge vagina).
Perdarahan setelah berhubungan seks.
Perempuan yang pasangan seksualnya berganti-ganti.
Perempuan yang pernah terkena Kutil/ Jengger Ayam/ Kondiloma.
Telah melahirkan lebih dari 3x dan berusia lebih dari 30 tahun.
Perempuan dengan keputihan lama.
Perempuan menopause yang mengalami perdarahan.
Saat wanita berusia di atas 20 tahun yang telah menikah dan atau sudah melakukan senggama, dianjurkan sekali setahun secara teratur seumur hidup.
Bila pemeriksaan tahunan 3x berturut-turut hasilnya normal, pemeriksaan selanjutnya dapat dilakukan setiap 3 tahun.
Segera mungkin melakukan pemeriksaan pap smear dan jangan menunggu sampai timbul gejala.
Apabila hasil pemeriksaan papsmear positif, yaitu terdapat sel-sel yang tidak normal, sebaiknya konsultasi kepada petugas kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut oleh ahli kandungan. Lakukan papsmear secara rutin agar kanker leher rahim lebih cepat ditemukan dan lebih besar kemungkinan sembuh.

Sumber :
Manuaba, Ida Bagus Gde. 1999. Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita.
Jakarta : Arcan.

6 Balasan ke PAPSMEAR (Deteksi Dini Kanker Mulut Rahim)

  1. ummu salamah mengatakan:

    sakit nggak sih, umm ???? ^^
    -lagi lagi pertanyaan ini yg keluar kalo denger kata pap smear,hehe-

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Sebenarnya ana belum pernah pap smear, jadi belum tahu rasanya. Tapi saat menangani pasien pas ana dulu praktek di RS (waktu kuliah), ga sakit kok ukh, katanya.

  2. riva mengatakan:

    artikelnya sangat bagus

  3. […] PAPSMEAR (Deteksi Dini Kanker Mulut Rahim) […]

  4. fajar mengatakan:

    klo buat hiv cek nya mahal ngga?
    apa aja cy test hiv.maksut nya klo test hiv ngapain aja?

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Kalau untuk cek hiv biasanya pemeriksaan CD4, kalau dirumah sakit umum daerah sekitar 150 ribu, kalau rumah sakit swasta mgk bisa lebih mahal lagi. Pemeriksaan hiv bisa dilakukan beberapa kali dengan cara pengambilan darah. Misal kalau pengambilan skrg hasilnya positif akan diulang kurang lebih 1 bulan lagi dan jika hasilnya tetap positif akan diulang kurang lebih 3 bulan lagi jika hasilnya tetap positif maka dilakukan terapi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: