SINUSITIS : BAGAIMANA MENGENALINYA DAN BAGAIMANA PENANGANANNYA?

Sinusitis, merupakan salah satu penyakit atau kelainan pada sinus paranasal yang akhir-akhir ini semakin meningkat angka kejadiannya. Dampak yang ditimbulkan oleh penyakit ini bervariasi, mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat. Betapapun ringannya dampak yang ditimbulkan, penyakit ini selalu menyebabkan penurunan kualitas hidup penderitanya. Sehingga akan terjadi pula kerugian, baik yang dapat ternilai maupun yang tidak dapat ternilai harganya.

DEFINISI

Sinusitis merupakan suatu proses peradangan pada mukosa atau selaput lendir sinus paranasal. Akibat peradangan ini dapat menyebabkan pembentukan cairan atau kerusakan tulang di bawahnya.

Sinus paranasal adalah rongga-rongga yang terdapat pada tulang-tulang di wajah. Terdiri dari sinus frontal (di dahi), sinus etmoid (pangkal hidung), sinus maksila (pipi kanan dan kiri), sinus sfenoid (di belakang sinus etmoid).

ANGKA KEJADIAN

Angka kejadian sinusitis di Indonesia belum diketahui secara pasti. Tetapi diperkirakan cukup tinggi karena masih tingginya kejadian infeksi saluran napas atas, yang merupakan salah satu penyebab terbesar terjadinya sinusitis. Di Eropa angka kejadian sinusitis sekitar 10% – 30% populasi, di Amerika sekitar 135 per 1000 populasi.

PENYEBAB SINUSITIS

Sinus paranasal salah satu fungsinya adalah menghasilkan lendir yang dialirkan ke dalam hidung, untuk selanjutnya dialirkan ke belakang, ke arah tenggorokan untuk ditelan ke saluran pencernaan. Semua keadaan yang mengakibatkan tersumbatnya aliran lendir dari sinus ke rongga hidung akan menyebabkan terjadinya sinusitis.
Secara garis besar penyebab sinusitis ada 2 macam, yaitu faktor lokal dan faktor sistemik.
Faktor lokal adalah semua kelainan pada hidung yang dapat mengakibatkan terjadinya sumbatan; antara lain infeksi, alergi, kelainan anatomi, tumor, benda asing, iritasi polutan dan gangguan pada mukosilia (rambut halus pada selaput lendir).
Faktor sistemik adalah keadaan di luar hidung yang dapat menyebabkan sinusitis; antara lain gangguan daya tahan tubuh (diabetes, AIDS), penggunaan obat-obat yang dapat mengakibatkan sumbatan hidung.

DIAGNOSIS SINUSITIS

Setiap orang dapat melakukan diagnosis pada dirinya sendiri apakah terkena sinusitis atau tidak. Untuk memudahkan diagnosis sinusitis dapat berpatokan pada The Task Force on Rhinosinusitis of The American Assosiation of Otolaryngology Head and Neck Surgery, dengan menggunakan gejala mayor dan minor
GEJALA MAYOR GEJALA MINOR
-Nyeri / berat / tertekan pada wajah -Nyeri kepala
-Hidung buntu -Napas bau
-Lendir / ingus kekuningan / kehijauan -Nyeri gigi
-Gangguan membau -Batuk
-Panas -Nyeri / berat / tertekan pada
telinga

Sangkaan sinusitis apabila terdapat

–          minimal 2 gejala mayor atau
–          1 gejala mayor disertai dengan minimal 2 gejala minor

Apabila seorang penderita merasa dirinya memenuhi kriteria diagnosis seperti yang tersebut di atas, maka yang bersangkutan perlu segera memeriksakan dirinya ke dokter spesialis THT untuk medapatkan penanganan lebih lanjut, agar dapat dicegah komplikasi akibat penyakit ini.

Diagnosis pasti sinusitis ditegakkan dengan pemeriksaan penunjang antara lain foto Rontgen, CT Scan, Endoskopi, biakan dan uji kepekaan kuman. Kesemuanya itu tergantung pada kondisi penderita dan fasilitas yang tersedia.

PENANGANAN SINUSITIS

Sinusitis dibagi menjadi:
1. Akut (berlangsung kurang dari 4 minggu),
2. Sub akut (berlangsung antara 4 – 12 minggu),
3. Kronik (berlangsung lebih dari 12 minggu).
Sinusitis akut dapat sembuh spontan atau dapat sembuh hanya dengan pemberian obat.
Sinusitis Sub akut perlu dilakukan operasi jika penderita sakit berat atau telah terjadi komplikasi atau terjadi akibat kelainan anatomi.
Sinusitis kronik perlu dilakukan operasi di samping dengan pemberian obat. Prinsip penanganan sinusitis adalah di samping penanganan terhadap sinusitisnya juga harus dilakukan penanganan terhadap penyebabnya.
Cara operasi paling mutakhir terhadap sinusitis adalah dengan metode FESS (Functional Endoscopic Sinus Surgery) atau BSEF (Bedah Sinus Endoskopik Fungsional). Operasi ini menggunakan peralatan canggih (yang kebetulan sudah dimiliki RS Panti Wilasa Dr Cipto), di mana operasi dapat dilakukan secara terarah dan trauma yang ditimbulkan dapat ditekan seminimal mungkin. Tetapi sayangnya tidak semua rumah sakit mempunyai peralatan ini, karena di samping mahal juga tidak semua dokter THT dapat mengoperasikannya.
KOMPLIKASI SINUSITIS
Seperti halnya penyakit-penyakit yang lain, sinusitis juga dapat menyebabkan komplikasi. Komplikasi sinusitis di antaranya:
  • Otak (infeksi pada otak atau timbunan nanah pada otak)
  • Mata (infeksi pada jaringan di sekitar bola mata, infeksi bola mata, pecahnya bola mata)
  • Infeksi tulang sekitar sinus (dapat terjadi kebocoran nanah keluar dari wajah, perubahan bentuk wajah/menonjol/membengkak)
  • Radang tenggorok yang sering kambuh
  • Radang amandel
  • Radang pita suara (sering batuk atau serak)
  • Sesak napas atau asma
  • Gangguan pencernaan (sering sakit perut, mual, muntah, diare)
PENCEGAHAN SINUSITIS ATAU KEKAMBUHAN SINUSITIS

Cara pencegahan sinusitis atau kekambuhan sinusitis dapat dikatakan bervariasi karena banyaknya faktor yang melatar belakangi terjadinya penyakit ini. Untuk mencegah terjadinya sinusitis atau mencegah kekambuhannnya, kita harus menghindari faktor-faktor yang dapat meyebabkan terjadinya sinusitis, di samping juga melakukan koreksi terhadap keadaan atau kelainan yang dapat melatarbelakangi terjadinya penyakit ini.

Seorang penderita sinusitis walaupun telah menjalani pengobatan dan operasi, akan dapat mengalami kekambuhan apabila tidak menghindari faktor-faktor penyebabnya, atau tidak dilakukan koreksi terhadap keadaan atau kelainana yang melatarbelakanginya.

14 Balasan ke SINUSITIS : BAGAIMANA MENGENALINYA DAN BAGAIMANA PENANGANANNYA?

  1. illa mengatakan:

    saya penderita sinusitis kronik… jika kambuh hidung dan kepala saya terasa di tusuk2 dan maw pecah rasanya.. dulu sy sempat berobat,, namun sdh sy stop karna biaya obatnya lumayan mahal…
    skrg2 bila sinus sdang kambuh, saya selalu minum asam mefenamat… untuk menghilangkan sakitnya saja..
    tolong balas pertanyyan saya
    1. apa akibat dr meminum terus obat tersebut.. jika tidak bai tolong referensikan obat yng lain, namun terjangkau.
    2. apa pengaruh sinusitis ini jika saya hamil nantinya?
    trima kasi

    • Kautsar mengatakan:

      Setahu saya prinsip penanganan sinusitis adalah di samping penanganan terhadap sinusitisnya juga harus dilakukan penanganan terhadap penyebabnya. Cara pencegahan sinusitis atau kekambuhan sinusitis dapat dikatakan bervariasi karena banyaknya faktor yang melatar belakangi terjadinya penyakit ini. Untuk mencegah terjadinya sinusitis atau mencegah kekambuhannnya, kita harus menghindari faktor-faktor yang dapat meyebabkan terjadinya sinusitis, di samping juga melakukan koreksi terhadap keadaan atau kelainan yang dapat melatarbelakangi terjadinya penyakit ini.
      Baiknya mbak juga konsultasikan ke dokter apa harus melakukan operasi, supaya sinusitis mb tidak sering kambuh

      Efek samping asam mefenamat antara lain diare, ruam kulit(harus hentikan pemakaian), trombositopenia, anemia hemolitik, kejang jika pemakaiannya over dosis.

      pengaruh sinusitis pada kehamilan, tergantung pemakaian obat yang diminum, baiknya jika anda hamil konsultasikan ke dokter, obat apa yang baik dan aman untuk ibu hamil dan diusahakan menghindari penyebab kambuhnya sinusitis

  2. Vien mengatakan:

    Saya jg penderita sinusitis dan sekarang sedang hamil 7bln, sinus saya sedang kambuh saat ini, bolehkah saya tidak minum obat krna saya takut membahayakan janin yg sedang saya kandung. Berbahayakah penyakit ini pada kehamilan saya? Terima kasih..

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Kebetulan kemarin ada pasien yang hamil 7 mg dan baru aja operasi sinusitis, oleh dr.kandungan, ibu tersebut disuruh stop dulu obatnya, tapi baiknya anda konsultasi lagi dengan dr.kandungan anda.

  3. lukman mengatakan:

    saya lukman umur 21th,sya di vonis dokter kena sinus sejak tahun 2008,,,sinus ini saya biarkan saja,,,namun ada yg aneh , kepala saya menjadi sangat kaku…urat2 nya seperti teghang,,menoleh aja susah sekali…apa itu pengaruh sinus?

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Seperti hal-hal yang saudara alami karena pengaruh sinusitis, tapi untuk lebih pasti anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT sekalian mengobati sinusitis saudara

  4. Mandum Matululu R mengatakan:

    menurut dokter saya terkena sinusitis, dari kelas 3 SMP dan skrng saya kuliah semester 6, tp sinus ini belum sembuh juga.. bagaimana penyembuhan yang alternatif? apa harus dioperasi saja, sedangkan kalau operasi saya belum siap..
    sepertiny sudah parah,.. sering keluar nanah & cairan dari hidung, suara juga sring berubah2, pernah keluar darah dari telinga, penglihatan jg udah sedikit kabur, dan sekarang saya pake kecamata..

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Untuk sinusitis saya belum tahu pengobatan altenatif, lebih baik saudara konsultasi dengan dokter spesialis THT, apalagi sinusitis saudara sudah agak parah

  5. isti mengatakan:

    suami saya adalah penderita sinusitis.apakah obat sinusitis yang paling terjangkau harganya?dan apakah ada obat herbal untuk menyembuhkan penyakit tersebut.mohon dibalas.

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Maaf suami mbak lebih baik konsul ke dokter spesialis THT dan ada cerita waktu penderita sinusitis mau dioperasi tapi ga sengaja sebelum operasi dia ke dokter gigi dan ternyata ada gigi geraham atasnya yang bolong dan setelah dicabut giginya yang bolong tersebut, sinusitisnya sembuh total. Mungkin suami mbak bisa diperiksa juga ke dokter gigi. Untuk obat herbal, saya belum tahu obat herbal untuk sinusitis

      • Dien Divita S mengatakan:

        Assalaamu’alaukum ,
        Sy terkena sinus sejak kls 1 SMA, sudah pernah dioperasi namun tidak sembuh juga sampai skg (kuliah semester 4). Awalnya sakit gigi, tp setelah dirongent, terdapat gambar putih di bagian sinus yg kemudian sy dinyatakan terkena sinus. Banyak faktor2 yg menyebabkan sinus sy kambuh, seperti terkena debu, udara dingin, rambut disisir pun juga langsung bersin2, bersin pun tidak cukup satu kali… alhasil tenggorokan sakit dan sering terkena radang tenggorokan.
        Tapi yang membuat sy benar2 tidak nyaman selama ini, adalah nyeri diantara gigi no 5-6 dr tengah bagian kanan atas.
        Sakitnya gigi terasa sekali, seperti tertekan dan sakitnya sampai ke tulang alis mata.
        Sudah berobat berkali2 tapi gigi dinyatakan baik2 saja.
        Mohon komentarnya , sy harus bagaimana dok.
        Syukron jzk.
        Wassalaamu’alaykum.

  6. karin mengatakan:

    apa hubungan nya olahraga dengan penyakit sinusitis

  7. karin mengatakan:

    apa hubungan.a olahraga dengan penyakit sinusitis ?
    Thanks

  8. diniany mengatakan:

    Saya juga penderita sinusitis kronik, saya sudah melakukan berbagai macam pengobatan baik dengan dokter THT maupun alternatif, tetapi tidak mendapati kesembuhan, sembuh pun hanya dalam waktu singkat setelah proses pengobatan kemudian kambuh lagi. Saat ini saya sedang hamil 19 minggu dan sinusitis saya sering kambuh terus namun saya tidak meminum obat atau ke dokter THT karena saya takut berdampak pada janin, pertanyaan saya:
    1. Apakah sinusitis saya akan berpengaruh kepada janin saya fisik/mentalnya atau bahkan ketika dia lahir nanti akan menderita sinusitis juga?
    2. Apakah penyakit sinusitis bisa sembuh total jika dioperasi atau ada proses pengobatan lain yang bisa saya tempuh untuk memperoleh kesembuhan total?
    Terima kasih banyak atas perhatian dan jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: