Beberapa ciri yang biasa ditunjukkan oleh anak balita

Suka meniru
Anak di usia dini suka meniru, baik itu ucapan, perbuatan, ataupun sifat. Contoh : Anak usia 2 tahun melihat ayahnya menyapu sobekan kertas. Ia lantas mengambil sapu lalu ikut menggerakkan sapu seolah-olah menyapu.

Ingin mencoba
Contoh : Seorang anak yang mencoba naik ke atas meja. Ketika berhasil, ia cenderung akan mengulanginya lagi dan cenderung berhenti melakukan ketika yang didapat adalah pengalaman negatif (misalnya : jatuh dari meja).

Spontan
Contoh : Alif yang berusia 3 tahun melihat air dalam ember. Ia spontan mendekati ember, dan mengambil gelas plastik di sebelahnya. Ia lalu mengambil dan menuangkan air, termasuk ke lantai, kaki, tangan dan bagian tubuhnya yang lain.

Jujur
Contoh : Mimi yang berusia 4 tahun terlibat rebutan sepeda dengan Jaja temannya di kelas kelompok bermain. Di rumah, ibunya mengatakan “Jangan main sama Jaja ya.” Ketika kembali ke sekolah, Mimi mengatakan pada teman-temannya “Eh jangan main sama Jaja ya.” Ketika ditanya “Kenapa?” Ia menjawab “Soalnya, kata mama Kata mama Mimi jangan main sama Jaja.”

Suka bermain
Contoh : Iin melihat ayah da ibunya memetik sayuran. Inin mendekat, ikut memegang dan memetik sayuran. Beberapa saat kemudian, Iin menjajarkan beberapa batang kangkung. Iin mengambil 1 batang lalu menggerakkan seraya berkata “Mama ke kantor dulu ya, hati-hati di rumah” (bermain orang-orangan dengan batang kangkung)

Ingin tahu (suka bertanya)
Contoh : Vika (5 tahun) diajak ayahnya naik busway. Selama perjalanan, Vika seringkali bertanya pada ayahnya. Seperti ketika melihat air mancur, ia bertanya seperti “Itu apa?” “Kok airnya bisa keluar dari kolam?” Sang ayah menjelaskan tentang air mancur tersebut.

Banyak gerak
Contoh : Soni berusia 3 tahun. Ketika diajak ayah ibunya ke supermarket, ia menolak untuk digendong. Ia memilih turun, berjalan, menghampiri rak-rak berisi barang-baranng jualan. Ayah dan ibu membiarkannya dengan tetap mengawasinya. Ketika ia mengambil sebuah barang, ayah dan ibu dapat menayakannya (diskusi sederhana) dengan pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti “Apa itu?” “Kamu suka atau tidak?” “Dipakai atau tidak?” sehingga anak dapat memutuskan sendiri untuk membeli barang tersebut atau tidak.

Suka menunjukkan ke-aku-annya
Contoh : 2 orang kakak beradik sedang melihat buku bergambar. Si kakak yang 5 tahun menunjuk gambar lalu mengatakan “Ini mama kakak.” Si adik yang 3 tahun lalu mengatakan “Bukan, ini mama dede.” Si kakak kembali mengatakan “Ini mama kakak, papa kakak.” Si adik kembali mengatakan hal yang sama. Selanjutnya terlihat “perang mulut” antar keduanya. Si kakak menutup buku lalu mengatakan “Ini buku kakak.” Dan akhirnya terjadi “saling rebut buku”. Orang tuanya menghampiri, mengajak keduanya berdiskusi/dialog untuk menyelesaikan masalah.

Unik
Contoh : Setiap anak itu unik, tidak ada yang sama. Nana dan Wiwi sama-sama berusia 2 tahun. Namun dalam pertumbuhan dan perkembangannya mereka berbeda. Nana sudah dapat berjalan tanpa bantuan namun Wiwi belum. Nana mengatakan “Ma..ma…ca…ca…ca….” sementara si Wiwi sudah dapat mengatakan beberapa kata bermakna sepertu “Mama,” untuk mama “Maem” untuk makan.

3 Balasan ke Beberapa ciri yang biasa ditunjukkan oleh anak balita

  1. Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

    Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

    Salam hormat
    http://kombes.Com

  2. atha lakuary mengatakan:

    hmm jadi kebiasaan anak balita itu seperti itu ya,,, saya baru tau😀

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      ya, itu beberapa ciri atau kebiasaan yang dilakukan balita. Setelah punya anak sendiri akan lebih tau banyak lagi tentang kebiasaan balita, tumbuh kembangnya dan semuanya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: