Menentukan Masa Subur Pada Wanita

Masa subur sangat besar artinya bagi mereka atau pasangan suami istri yang menginginkan hamil. Bagi yang menginginkan kehamilan, masa subur bisa dijadikan patokan untuk melakukan hubungan seksual karena saat ini ovulasi sedang terjadi sehingga kemungkinan hamil sangat besar.

Banyak pasangan yang bingung bagaimana menentukan masa subur padahal sebenarnya caranya sangat mudah dan simpel. Mengapa dibilang mudah dan simpel karena memang bisa dilakukan oleh pasangan usia subur dengan mandiri tanpa bantuan orang lain. Cukup dengan bantuan kalender dan termometer sudah bisa melakukannya.

Berikut  cara cara menentukan masa subur yang umum digunakan :

Sistem Kalender
Menentukan masa subur dengan menggunakan system kalender ada dua cara yaitu :

  1. Bagi yang siklus haidnya teratur, masa subur berlangsung 14 +/- 1 hari haid berikutnya. Artinya masa subur berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.
  2. Bagi yang siklus haidnya tidak teratur maka pertama tama harus dicatat panjang siklus haid sekurang kurangnya selama 6 siklus. Dari jumlah hari pada siklus terpanjang, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 8, diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut. Misal : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 – 11 = 20, dan 26 – 8 = 18, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 18 sampai hari ke 20.

Metoda Lendir Serviks  / Metode Ovulasi Billing (MOB)
Dalam metoda ini dinilai sifat dari lendir atau cairan yang dihasilkan oleh leher rahim atau serviks. Saat ovulasi atau masa subur, lendir serviks akan bertambah jumlahnya dengan warna yang jernih dan elastis. Saat ini wanita akan merasakan basah saluran kelaminya. Untuk memeriksa elastisitas cairan serviks bisa dilakukan dengan cara memasukan jari telunjuk ke vagina sampai menyentuh serviks, lalu setelah jari terisi cairan serviks itu dikeluarkan dari vagina, dengan bantuan ibu jari, cairan itu ditarik sedemikian rupa (pelan pelan) sampai putus. Bila terputus kurang dari 10 cm maka si wanita bukan dalam masa subur, bila sampai kira kira 10 cm maka si wanita sedang dalam masa subur.

Metoda Suhu Tubuh
Metoda ini agak sedikit lebih rumit, tapi masih bisa dikerjakan oleh pasangan usia subur. Pertama tama, kita harus mengukur suhu tubuh si wanita sejak siklus pertama haid sampai haid berikutnya pada pagi hari (baru bangun tidur). Suhu harian itu kemudian dicatat dan dihubungan dengan garis (seperti membuat grafik). Saat ovulasi/masa subur, suhu tubuh akan meningkat 0.05 sampai 0.2 derajat Celcius. Saat inilah saat yang tepat untuk melakukan hubungan seksual. Memang cara ini merupakan cara yang paling rumit tetapi tidak ada salahnya dicoba.

6 Balasan ke Menentukan Masa Subur Pada Wanita

  1. vivi mengatakan:

    benargak sih kalo hamil gak boleh minum es,kopi dan makan yang pedas?

    • ummukautsar mengatakan:

      Sebenarnya boleh aja, tapi kita kalau lagi hamil harus mengurangi konsumsi es, kopi dan makanan pedas dan menggantikannya dengan makanan yang bergizi seperti yang terdapat pada artikel ini. Terima kasih atas kunjungannya.

  2. Dream House mengatakan:

    mba, makanan apa aja yang disarankan utk meningkatkan kesuburan? baik bagi laki2 maupun wanita?

  3. Ummu Kautsar mengatakan:

    Afwan, ana baru sempet nulis artikel tentang masalah ini. Maklum sibuk ngurus anak. Anti bisa lihat di tiga artikel terbaru ana.

  4. yus taranpira mengatakan:

    saya skrg brusia 31 thn, dan umur istri sy 31 thn, kmi sdh menikh 5 tahun yg lalu, dan blm dikaruniai anak. tahun pertama, kedua dan ketiga, haid istri normal, dan pada bln april 2011, haid istri saya tdk datang lagi. Kami sudh konsultasi ke dokter kandungan yg ada di RSUD Lewoleba Nusa Tenggara Timur, sekaligus USG, namun hslx kosng, lalu doktr membri kmi resep obat Protyra dan Natur E, tpi stlh istri sy minum obt tsb, tdk ada perubahn. Dan sampai awal April ini jga haid istri sy blm datang jg. Apapkah istri sy mengalami penyakt? mohon penjelasan atas kasus sy ini. Yus dari Lewoleba-NTT-Indonesia

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Biasanya kalau ga haid memang datang ke dokter spesialis kandungan dan disana nanti dilakukan usg serta diberi obat atau terapi yang mengandung hormon estrogen. Istri bapak melakukan usg sudah berapa lama, kalau memang sudah agak lama, lebih baik usg dan konsultasi lagi ke dokter spesialis kandungan, kalau bapak tidak puas dengan dokter yang kmrn, mgk bapak bisa mendatangi dokter yang lain. Tidak datangnya haid bisa juga karena faktor psikologis seperti stres, kecapean dll.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: