Panduan Memilih Program Komputer Bagi orang Tua

Sebagai orang tua, kita pasti menginginkan yang terbaik bagi masa depan si kecil. Begitu pula dengan para pembuat program komputer. Saat ini anak usia balita dianggap sebagai pasar yang potensial untuk program-program komputer edukatif. Namun sebelum anda membeli program komputer terbaru bagi si kecil, sebaiknya perlu diketahui keuntungan apa yang didapat oleh anak dari komputer dan batasan seperti apa yang harus dibuat.

Usia berapa saat yang paling tepat untuk memperkenalkan komputer pada si kecil ?

Banyak ahli berpendapat bahwa barang-barang yang nyata seperti balok susun merupakan sarana belajar yang paling baik bagi anak usia 2 sampai 5 tahun dibandingkan dengan permainan abstrak pada komputer. Editor Children’s Software Revue, Warren Buckleitner mengatakan bahwa sebagian anak usia 2,5 tahun sudah bisa diperkenalkan pada computer.

Dapatkah anak saya belajar sesuatu dari komputer ?

Tergantung kepada siapa anda bertanya, program komputer apa yang anda gunakan dan cara belajar anak anda. Beberapa orang mengatakan bahwa keuntungan edukatif sebuah program komputer seringkali disalahgunakan dan bahwa permainan elektronik cenderung ’mengisolasi’ anak-anak, mengajarkan kesenangan instan dan berperan sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kegemukan dan diasingkan oleh lingkungannya. Yang jelas adalah program komputer tidak bisa memperbaiki apa-apa dan hanya dapat menjadi tiruan dari teman bermain yang nyata.

Namun penelitian lebih banyak dilakukan pada sisi positifnya daripada sisi negatifnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam hal matematika dasar, kemampuan menulis dan membaca serta kemampuan lain bisa ditingkatkan melalui komputer. Di luar itu, program komputer juga dapat membantu anak-anak untuk mempertajam kemampuan motorik halus dan motorik kasar.

Bagaimana saya memilih program komputer ?

Sebuah permainan tentu harus bisa dinikmati oleh anak-anak dan mereka bisa belajar sesuatu dari situ. Berikut ini beberapa panduan untuk memilih :

  • Pilih yang menyenangkan dan sesuai dengan usia anak. Perlu diingat yang menyenangkan bagi anak-anak belum tentu menyenangkan bagi orang dewasa. Anak-anak hanya berfokus pada senangnya dan bukan memenuhi keinginan orang tua mengenai sisi edukasinya.
  • Kerjakan pe-er anda. Banyak sekali situs-situs yang berisi mengenai peringkat dan ulasan mengenai program komputer anak-anak.
  • Pilih permainan yang membutuhkan pemain lebih dari satu orang dan ada interaksi. Selalu temani anak selama ia bermain komputer.
  • Carilah program yang memungkinkan anak-anak untuk ’menang atau berhasil secara tidak sengaja’. Dengan kata lain komputer tidak perlu respon yang tepat agar permainan tersebut berjalan terus tetapi terus memberikan masukan agar seorang anak bisa terus bermain. Misalnya Lego My Style Preschool yang mengajarkan matematika  karena mudah dikendalikan oleh anak-anak dan terus memberikan tantangan jika mereka mulai pintar bermain. Atau Blue’s Clues dari Humongous Entertainment selalu mendapat peringkat tinggi dari para orang tua.
  • Program komputer dengan karakter terkenal belum tentu bagus. Banyak perusahaan membuat program dengan menggunakan karakter yang sama namun dengan mutu yang jauh berbeda.
  • Pilih program yang memiliki fasilitas untuk memantau pencetakan. Atau, jangan hubungkan komputer tersebut dengan printer. Bisa juga dengan menempelkan selembar uang yang kira-kira seharga dengan biaya pencetakan satu lembar di selembar kertas dan menggantungnya di dekat printer untuk mengingatkan anak-anak bahwa mencetak dengan printer itu mahal.
  • Pilih yang sesuai dengan spesifikasi yang dimiliki komputer anda. Jangan sampai anda membeli DVD ROM walaupun sebenarnya CD-ROM di komputer anda bukan jenis tersebut.

Berapa lama anak saya boleh berada di depan computer ?

Rentang perhatian anak-anak berbeda-beda sesuai usianya. Anak-anak yang lebih kecil bisanya cepat bosan dan bisa berhenti bermain sendiri. Namun anak yang lebih besar justru lebih membutuhkan pendampingan dalam bermain komputer. Banyak ahli merekomendasikan untuk membatasi bermain komputer sejak awal dan konsisten menjalankan batasan tersebut. Rekomendasinya adalah satu sampai dua jam sehari di depan layar komputer per hari.

Apakah saya harus membeli peralatan tertentu ?

Peralatan baru atau asesoris yang dirancang untuk membantu anak anda bermain dengan komputer akan selalu muncul. Namun jangan terlena. Sewaktu Microsoft mengeluarkan trackball untuk anak-anak, ada penelitian dengan memberikan anak-anak pilihan untuk menggunakan trackball atau mouse. Awalnya, mereka memilih trackball karena kelihatannya keren namun akhirnya kembali memakai mouse karena lebih mudah dikendalikan.

Disarikan dari artikel A Parent’s Guide to Computer Games di http://www.parentcenter.com/ yang ditulis oleh Kevin Simpson

2 Balasan ke Panduan Memilih Program Komputer Bagi orang Tua

  1. Ricky H Arsyad mengatakan:

    Salam hormat, ada aplikasi chatting komputer 2 arah, seperti sms, dapat di download di http://www.ciauldownload.blogspot.com, Gratis, Terima kasih

  2. abdullah mengatakan:

    ada sebuah program komputer yg berupa permainan untuk pendidikan
    namanya GCompris
    coba saja cari di google
    program ini untuk sistem operasi Windo$, Linux maupun Mac OS X

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: