Oh Kautsarku Sayang…

Tulisan ini dibuat karena pertanyaan dikomentar blog saya, jadi saya ingin curhat tentang anak saya (Kautsar). Sebenarnya, anak saya umur 17 bulan juga belum jalan nih, tapi Alhamdulillah dah mulai rambatan, dan maunya ditatih, tapi tiap suruh jalan sendiri, dia pasti jatuh, sebenarnya sih was-was juga, tapi saya lihat perkembangannya normal-normal aja (gak ada gangguan).

Pernah saya baca artikel, disarankan bagi anak yang belum jalan saat umur 18 bulan diperiksakan ke dokter. Selain itu pernah ada curhat dari forum ibu-ibu, dia cerita anaknya baru jalan umur 23 bulan dan kebetulan keponakan saya juga ada yang jalannya 2 tahun lebih.

Selain itu juga ada anak yang gak mengalami tahapan merangkak (hanya mengesot kemudian langsung jalan), maklum tiap anak punya milestone dan keunikan sendiri-sendiri, bahkan sebagian anak yang tidak mengalami proses merangkak, berjalannya lebih cepat.

Ya sekarang saya maklumi kalau anak saya (Kautsar) jalannya agak telat, tapi Kautsar tuh pintar banget dalam hal pikiran dan penalaran, dia dah bisa main puzzle dan tiap diperintah, dia langsung jalani perintah tersebut atau diajari sesuatu pasti langsung bisa.

Selain itu Kautsar juga pintar berenang, sejak pertama kali diajak berenang, walaupun awalnya nangis dulu, tapi setengah jam kemudian, dia mulai suka, sampai-sampai waktu mau disuruh pulang, dia gak mau diajak keluar dari kolam renang. Alhamdulillah sampai sekarang kami mulai rutin ngajak Kautsar berenang, selain untuk melatih badannya, juga melatih otot kakinya, dan kami berharap dengan berenang, otot kaki Kautsar lebih kuat dan ia cepat berjalan bahkan cepat berlari.

Begitulah setiap anak punya milestone dan keunikan sendiri-sendiri. Jadi jangan pernah bandingkan anak kita dengan anak-anak yang lain karena nanti kita akan semakin pusing sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: