Panduan Kecukupan Nutrisi Harian Anak-anak

Bagaimana saya tahu anak saya gizinya cukup?
Hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah memberikannya makanan yang mencakup kelima kelompok makanan (biji-bijian, buah-buahan, sayuran, susu serta daging dan kacang-kacangan) setiap kali waktu makan. Mungkin anda tidak bisa memberikan jumlah sebagaimana direkomendasikan, namun jika anda dapat menyediakan bermacam-macam jenis makanan sehat, anak ada tetap akan mendapat apa yang ia butuhkan dalam periode yang lebih panjang, misalnya satu atau dua minggu.

Berapa besar porsi anak-anak?
Berdasarkan panduan makanan berdasarkan kebutuhan kalori untuk setiap kelompok usia yang dikeluarkan oleh Departemen Pertanian Amerika (USDA), anak usia 2 sampai 3 tahun direkomendasikan untuk mengkonsumsi 1000-1400 kalori tergantung pada tingkat kegiatannya. Untuk usia 4 tahun, kalori yang dibutuhkan meningkat menjadi 1200 sampai 2000 kalori per hari.
Di bawah ini adalah contoh berapa banyak anak-anak bisa memperoleh nutrisinya dari kelima kelompok makanan.

Biji-bijian (grains)
Biji-bijian mengandung serat yang bisa membantu pencernaan serta karbohidrat kompleks yang memberikan energi. Selain itu, grains juga merupakan sumber vitamin B yang baik.

Contoh Kebutuhan Harian Grain
Anak aktif usia 2-3 tahun
Roti 5 potong
Biskuit whole wheat 25 buah
Nasi atau pasta rebus 2 ½ mangkuk
Oatmeal yang sudah dimasak 2 ½ mangkuk

Anak aktif usia 4 tahun
Roti 6 potong
Biskuit whole wheat 30 buah
Nasi atau pasta rebus 3 mangkuk
Oatmeal yang sudah dimasak 3 mangkuk

Sayur-sayuran
Sayuran memberikan serat, vitamin C, A dan potassium. Selain itu, sebagian besar sayur merupakan antioksidan yang membantu menurukan resiko kanker dan penyakit jantung dalam usia dewasa. Contohnya :

Contoh Kebutuhan Harian Sayuran
Anak aktif usia 2-3 tahun
Brokoli yg sudah dimasak 1 ½ mangkuk
Saus tomat murni 1 ½ mangkuk

Anak aktif usia 4 tahun
Brokoli yg sudah dimasak 2 ½ mangkuk
Saus tomat murni 2 ½ mangkuk

Buah-buahan
Buah-buahan juga merupakan sumber serat, vitamin C dan A serta potassium. Selain itu, sebagian besar sayur merupakan antioksidan yang membantu menurukan resiko kanker dan penyakit jantung dalam usia dewasa

Contoh Kebutuhan Harian Buah
Anak usia 2-3 tahun yang aktif
Blueberri segar 1 ½ mangkuk
Jus jeruk murni 1 ½ mangkuk
Pisang yang besar 1 buah

Anak usia 4 tahun yang aktif
Blueberri segar 2 mangkuk
Jus jeruk murni 2 mangkuk
Pisang yang besar 2 buah

Susu (Kalsium)
Sebagian besar produk susu merupakan sumber kalsium yang baik, yang mendukung kuatnya tulang dan gigi. Produk susu juga merupakan sumber protein yang baik jika anak anda tidak suka makan daging.

Contoh Kebutuhan Harian Susu (Kalsium)
Anak aktif usia 2-3 tahun
Susu 2 gelas
Yogurt 2 gelas
Keju yg belum diproses 4 lembar
Pudding 2 mangkuk

Anak aktif usia 4 tahun
Susu 3 gelas
Yogurt 3 gelas
Keju yg belum diproses 6 lembar
Pudding 3 mangkuk

Daging dan Kacang-kacangan
Kategori ini termasuk semua jenis makan yang merupakan sumber protein, termasuk daging dan kacang-kacangan, serta ikan dan telur. Jenis makana ini memberikan zat besi, seng dan beberapa jenis vitamin B.

Contoh Kebutuhan Harian Daging dan Kacang-kacangan Anak aktif usia 2-3 tahun
Telur 4 buah
Selai kacang 4 sendok makan
Daging 12 potong
Kacang yang sudah dimasak 1 mangkuk

Anak aktif usia 4 tahun
Telur 5 ½ buah
Selai kacang 5 ½ sendok makan
Daging 16 potong
Kacang yang sudah dimasak 4 ¾ mangkuk

Lemak dan gula (permen)
Sama seperti orang dewasa, hanya maksimum 35 persen kalori harian anak-anak yang boleh berasal dari lemak.

Sumber : http://www.parentcenter.com

Satu Balasan ke Panduan Kecukupan Nutrisi Harian Anak-anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: