Membersihkan Alat Kelamin

Membersihkan alat kelamin dan area sekitarnya pada tiap kali mengganti popok adalah tindakan bijaksana. Selain dapat menghindari kulit merah dan gatal di bokong, juga menjaga kebersihan alat kelamin. Tips berikut dapat membantu Anda.

* Selalu cuci tangan Anda lebih dulu sebelum mengganti popoknya. Letakkan si kecil di tempat tidurnya, lalu gulung bagian bawah bajunya hingga ke dada.

* Sebelum membuka popoknya, alasi bagian bawah dengan tisu sekali pakai yang cukup lebar dan tebal. Khusus si Buyung, biasanya akan kembali pipis sesaat Anda membuka popoknya. Tunggu beberapa saat sampai ia pipis lagi, baru buka popoknya.

* Bersihkan bagian yang kotor dengan tisu lembut. Sebelumnya, selalu sediakan tempat sampah di dekat kaki Anda sehingga Anda bisa langsung membuang kapas itu setelah usai gunakan. Jangan letakkan sisa-sisa tisu/kapas di dekat si kecil.

* Setelah kotoran dibersihkan, ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat, lalu bersihkan lagi bagian itu.

* Kemudian ambil kapas bersih dan basahi dengan air hangat atau baby lotion. Usapkan mulai dari bagian pusar menuju pangkal paha bagian dalam dan luar.

TAMBAHAN UNTUK BAYI PEREMPUAN

Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion, usapkan di daerah sekitar vagina. Mulai dari lipatan-lipatan paha bagian dalam sampai ke pangkalnya.

Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion. Pegang kedua kaki si kecil, angkat. Bersihkan area sekitar vagina dan anus. Selalu dimulai dari bagian belakang lalu ke arah depan, untuk menghindari bakteri yang terdapat di sekitar anus menuju vagina. Bersihkan hanya di daerah bibir vagina. Jangan menyentuh daerah yang lebih dalam.

Setelah itu, dengan tisu lembut yang kering, bersihkan lagi daerah pantat, paha, dan panggul. Lalu, singkirkan alasnya.

Bersihkan daerah di lipatan-lipatan paha dengan tisu lembut yang kering.

Sekali lagi, usap lembut dengan tisu bersih, daerah yang akan ditutup popok hingga mengering betul. Biarkan si kecil tanpa popok untuk beberapa saat agar bagian bawah tubuhnya terkena udara.

Akhirnya, usapkan lotion di bagian luar vagina dan anus. Juga di lipatan-lipatan paha bagian dalam. Setelah itu baru si kecil dipakaikan popok yang baru.

TAMBAHAN UNTUK BAYI LELAKI

Ambil kapas bersih yang dibasahi air hangat atau baby lotion untuk membersihkan buah zakar (testicles) dan daerah sekitarnya.

Ambil lagi kapas bersih yang dibasahi air hangat/baby lotion, bersihkan daerah pangkal paha termasuk lipatannya dan penisnya.

Sekali lagi bersihkan daerah penis dan testicles untuk membersihkan air seni yang tersisa. Usap lembut daerah yang kulitnya sangat sensitif ini.

Sekarang bersihkan bagian anus dengan cara mengangkat kedua kaki si kecil. Juga bersihkan lipatan-lipatan di sekitar anus. Setelah bersih, angkat alasnya.

Bersihkan sekali lagi daerah yang akan ditutup popok. Biarkan si Buyung beberapa saat tanpa popok. Untuk menghindari air seni yang ke mana-mana bila ia pipis lagi, tempelkan tisu yang tebal di penisnya.

Sebelum memakai popok bersih, oleskan lotion di daerah atas dan bawah penis, tapi bukan di batangnya; sekitar testicles, daerah anus dan pantat.

Santi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: