Kok, Kulitnya Keriput ?

Pasangan muda yang baru saja memperoleh seorang bayi kadang berharap terlalu banyak. Mereka umumnya membayangkan akan memperoleh bayi lucu dan menggemaskan, seperti yang sering dilihat di televisi atau majalah.

Tetapi, kemudian kekecewaan akan menyelimuti begitu bayi lahir. Karena ternyata tak sebulat dan sehalus yang dibayangkan. Yang ada dalam dekapan adalah bayi dengan kulit keriput dan mata bengkak. Tapi jangan buru-buru kecil hati karena hal itu hanya bersifat sementara. Kira-kira menginjak bulan kedua, kulitnya tak lagi keriput dan bengkak di matanya hilang. Apa saja yang kira-kira tampak “aneh” saat bayi baru lahir?

* BENTUK KEPALA

Kepala bayi menjadi bagian terbesar dari bagian yang lain. Bagian lingkar luar kepala umumnya sebesar lingkar dadanya. Ketika bayi tumbuh, bagian lain dari tubuhnya akan mengejar ketinggalan. Seringkali kepala telah terbentuk agar dapat melalui panggul ibunya, sehingga ketika keluar bentuknya menjadi aneh (mungkin seperti kerucut, runcing). Bahkan bentuknya kian aneh bila kepala tertekan leher rahim yang saat itu belum membuka penuh. Bisa jadi akan muncul benjolan yang membulat, disebut caput succedaneum.Caput tersebut akan hilang dalam waktu satu dua hari. Dan bentuk yang aneh pun akan mulai membulat dalam waktu dua minggu.

* RAMBUT

Biasanya rambut bayi baru lahir dianggap sebagai cerminan rambutnya kelak setelah ia besar. Ada bayi yang lahir dengan kepala nyaris gundul. Ada juga yang tebal. Tetapi, secara umum, rambut tipis dan halus. Semua bayi akan kehilangan rambut lahir secara perlahan-lahan (sampai-sampai si ibu sendiri tak menyadarinya) dan secara bertahap akan digantikan pertumbuhan rambut baru.

* ALAT KELAMIN

Pembengkakan alat kelamin terjadi pada bayi perempuan dan laki-laki, terutama pada bayi laki-laki yang lahir melalui operasi caesar. Dada bayi pun membesar serta mengeluarkan cairan putih atau merah muda. Ini terjadi karena ada rangsangan dari hormon ibunya. Hormon ini pula yang merangsang cairan putih susu atau bercak darah dari vagina bayi perempuan. Hal itu bukan merupakan suatu gejala kelainan karena dalam tempo dua minggu akan menghilang dengan sendirinya.

* LANUGO

Bulu halus atau lanugo dapat menutupi pundak, punggung, dahi, dan pelipis. Bulu-bulu halus ini biasanya hilang pada akhir minggu pertama kelahiran. Bulu-bulu ini akan bertahan lebih lama pada bayi-bayi prematur.

* MATA

Pembengkakan mata yang terjadi pada bayi lahir umumnya disebabkan pemberian obat tetes mata. Obat tetes itu sendiri sengaja diberikan untuk mencegah infeksi. Bengkak ini terjadi dalam waktu satu-dua hari saja.

* TANDA LAHIR

Hampir semua bayi memiliki tanda lahir. Noda kemerahan pada dasar kepala, kelopak mata, atau dahi. Noda ini umumnya terjadi pada bayi-bayi Kaukasia. Sedangkan noda Mongolia yaitu pigmentasi abu kebiruan pada lapisan kulit, dapat muncul pada punggung, bagian pantat, lengan, dan paha. Ini biasa terjadi pada bayi-bayi Asia, Eropa Selatan, dan bayi berkulit gelap. Tanda-tanda tersebut biasanya menghilang pada saat anak berusia 4 tahun.

Riesnawiati Soelaeman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: