Jika Ia Kelewat Peka

Salah satu penyebab anak menjadi bayi sulit adalah karena mereka terlalu peka pada lingkungan sekelilingnya. Misalnya terhadap suara, cahaya, atau sentuhan. “Ambang responnya tak seperti bayi lain. Mereka sangat peka sehingga kepekaannya ini membuat mereka jadi tak nyaman ketika suara yang didengar atau cahaya yang dilihatnya melewati batas respon yang dimilikinya,” terang Evi .

Anda dapat membantu si kecil tetap merasa nyaman dengan cara-cara berikut ini:

*Jika ia peka terhadap suara, usahakan rendahkan volume suara radio, teve, bel pintu, juga dering telepon. Begitu pun volume suara Anda saat berbicara dengan si kecil atau mendendangkannya. Minta orang seisi rumah melakukan hal sama.

*Jika penglihatannya sangat peka,gunakan tirai untuk menggelapkan kamar tidurnya sehingga ia bisa tidur di siang hari. Hindari cahaya yang sangat terang di ruangan di mana ia sering berada. Usahakan jangan memberi rangsangan visual terlalu banyak. Gantungkan hanya satu mainan di tempat tidurnya atau letakkan satu-dua mainan di kotak bermainnya. Pilih mainan berdisain sederhana dan berwarna lembut, jangan pilih yang rumit dan berwarna mencolok.

*Jika indera pengecapnya sangat peka, perhatikan makanan yang Anda konsumsi bila ia masih diberi ASI. Rasa “aneh” pada air susu Anda, bukan hanya membuatnya rewel, juga menyebabkan ia menolak disusui. Bisa juga mencoba susu formula dengan rasa lain bila ia rewel saat minum susu botol. Begitu pun waktu ia mulai makan makanan padat. Jika ia rewel setelah beberapa kali Anda memperkenalkannya pada satu jenis makanan padat, cobalah untuk menggantinya dengan jenis lain atau rasa yang berbeda.

*Jika ia peka terhadap sentuhan,segera ganti popoknya begitu ia mengompol dan kenakan baju dari bahan lembut yang agak longgar. Atur suhu ruangan sesuai tingkat kepekaannya. Jangan terlalu banyak memegang dan memeluknya, atau pelajari cara mana yang tampaknya tak terlalu mengganggunya saat Anda menggendong/memeluknya.

*Jika penciumannya sangat peka,umumnya ia akan terganggu oleh bau “aneh”. Beberapa bayi mulai menunjukkan reaksi negatif terhadap bau tertentu menjelang akhir tahun pertama. Bau bawang yang digoreng, parfum ayah/ibunya, pewangi ruangan, atau bau obat penyemprot nyamuk, dapat membuat bayi gelisah dan tak gembira.

Hasto

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: