Wanita Hamil Tidak Boleh Makan Durian?


“Wanita hamil tidak boleh makan durian.”

Hmm.. mungkin Bunda pernah mendengar larangan itu. Ada sebagian masyarakat yang mengatakan durian pantang bagi wanita hamil, tapi ada juga yang mengatakan tidak masalah asalkan tidak terlalu banyak. Lalu bagaimana yang sebenarnya, apakah wanita hamil diperbolehkan mengonsumsi durian? Jangan khawatir, pertanyaan itu akan segera terjawab setelah membaca artikel ini.

Menurut dr. Fitriadi Kusuma, SpOG dari Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta sampai saat ini memang belum ada penelitian resmi yang menyatakan bahwa buah durian tidak baik untuk Bunda yang sedang hamil. Meski begitu, ia mencoba menganalisisnya berdasarkan kandungan dalam buah musiman ini.

Buah durian mengandung banyak gas, glukosa, kolesterol dan juga sedikit alkohol. Setelah mengonsumsi durian, gas dalam perut Bunda bisa saja menimbulkan kontraksi. Dampak buruk lainnya Bunda bisa terkena diabetes karena glukosa yang ada dalam durian. sedangkan kolesterol dan alkohol menimbulkan efek buruk pada jantung.

Tapi Bunda boleh merasa lega karena menurut dr. Fitriadi akibat mengonsumsi durian tidak sampai menimbulkan hal negatif pada janin.

Ia menjelaskan sebenarnya tidak ada larangan makanan apa pun untuk wanita yang sedang hamil. Semua makanan boleh dikonsumsi. Hanya saja yang perlu diperhatikan adalah seberapa besar porsinya. “Untuk durian satu atau dua biji saja sudah cukup, jangan lebih!” paparnya. Hal ini untuk menghindari efek yang ditimbulkan dari kandungan durian (diabetes dan penyakit jantung).

Pada pasien dengan kehamilan trimester pertama sebaiknya menahan diri dulu untuk tidak mencicipi buah ini. Karena pada usia kehamilan ini kontraksi yang timbul kemungkinannya lebih besar.

TIPS :

  • minum banyak air putih setelah mengonsumsi durian membantu menetralisir kembali tubuh Bunda
Sumber:  infobunda
About these ads

10 Balasan ke Wanita Hamil Tidak Boleh Makan Durian?

  1. Ariyanto mengatakan:

    pertanyaan itu menjadi beban fikiran bg kami yang sedang mengharap kehadiran buah hati. trims atas penjelasannya…

  2. Jimpritt mengatakan:

    saya ni kan suami baik hati rencanaya saya hampir saja mau belikan istri durian bangkok 1 karung………….karena ngidam buah durian……pi syukur ada penjlasan ni jadinya pengadaan durian kita tunda 5 bulan ke depan……insyallah 1 buah aja….

  3. nurie nurhayati mengatakan:

    saya maniak banget ma duren………, so kalo lagi merencanakan kehamilan ga boleh makan duren dooong………………sedihnya…………….

  4. dank... mengatakan:

    Trima kasih sblumnya.. Istri sya ga suka durian,tp mlm ini sya ingin dia mnccpi durian,kmudian dia mkn,tp sy khwtir soalnya dia sedang hamil… Alhmdlh berkat info dri sini pikiran sya jadi lega,ga khawatir lgi… Makasih

  5. sherly yolanda mengatakan:

    saya sedang hamil 24 minggu,sya ngidam durian ,saya baru saja makan kue durian ,yg berupa dadar gulung isi nya duren,sya habis 2biji,kira2 bahaya kah nanti nya buat janin sya,saya jdi btakut krna teman sya bilng ada sodara nya makan duren wktu paska melahirkan,tau nya bayi nya meninggal di dlm perut.sya jdi menyesal krna sudh makan kue itu.mhon info nya,terimakasih

  6. 'Aisyah mengatakan:

    bismillah,um kunjungi juga ya blog ana,sekedar silaturahmi atau sharing artikel
    Aisyah Taman Syurga

  7. muslimah mengatakan:

    bismillaah.kalau boleh saran.. lebih baik foto dalam gambar makhluq, tidak memperlihatkan aurat. agar selain ilmu yang kita dapat juga agar terjaga kesucian hati..

  8. BintuSudirja mengatakan:

    Jazaakillaah khayran udah share, Alhamdulillaah terjawab sudah was2 di hati

  9. adekbayi mengatakan:

    dulu sewaktu hamil pernah si makan durian, tapi cuma sedikit…jadi gpp

    tapi disarankan kalo masih umur kehamilan di bawah 3 bulan, sebaiknya dihindari saja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: