Aneka Zat Gizi Penyubur Untuk Menghadirkan Buah Hati

1. KARBOHIDRAT

Sebagai zat pembangkit energi, karbohidrat diperlukan oleh pria maupun wanita. Mereka yang bugar tak akan loyo saat melakukan aktivitas apapun termasuk aktivitis seksual. Mereka yang bugar juga mempunyai dorongan seksual/libido yang lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. Namun karbohidrat yang tak terpakai dapat tertimbun menjadi lemak. Oleh karena itu, asupan karbohidrat juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi kegemukan. Pasalnya wanita yang kegemukan berpeluang tidak subur. Penyebabnya, sel-sel tertutup lemak dan kadar insulin naik. Selain itu wanita hamil dengan kelebihan BB lebih potensial mengalami keguguran dibandingkan wanita seusia dengan BB ideal. Kegemukan juga dapat menurunkan libido pada pria dan wanita.

Agar tak gemuk hindari karbohidrat sederhana yang terdapat pada gula, sirup dan permen. Lebih baik mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang akan dimetabolisme secara lengkap oleh tubuh sehingga tak menumpuk menjadi lemak. Sumber karbohidrat kompleks antara lain beras merah, ubi merah, pisang, gandum, atau biji-bijian seperti jagung.

2. LEMAK

Lemak berfungsi sebagai sumber energi paling padat yang menghasilkan 9 Kkal setiap gramnya sehingga konsumsi lemak juga perlu diatur agar dapat menjaga BB ideal. Untuk lemak yang baik adalah lemak tak jenuh seperti yang terdapat pada cokelat dan avokad.

3. PROTEIN

Protein berfungsi untuk memelihara sel-sel dan jaringan. Salah satu yang bermanfaat sebagai zat penyubur, terutama pada pria adalah kelompok asam amino. Asam amino yang penting untuk kesuburan pria adalah asam amino esensial, arginin, dan triptofan. Arginin dapat mncegah kemandulan, memperkuat daya tahan hidup sperma dan membantu membuka aliran darah pada alat kelamin sehingga membangkitkan gairah. Sedangkan triptofan yang dapat memacu produksi serotonin dan bersifat menenangkan saraf sehingga dapat memacu gairah seksual.

Asam amino terdapat pada kuning telur, susu, daging merah, ikan, tiram, kerang-kerangan, belut, kacang kedelai, tahu, tempe. Arginin terdapat pada cokelat, havermut, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, kemangi, dan seafood. Sedangkan triptofan terdapat pada cokelat, kalkun, susu.

4. VITAMIN

Vitamin adalah zat organik komplek yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sangat kecil dan pada umumnya tidak dapat dibentuk oleh tubuh sehingga harus didatangkan dari makanan. Ada beberapa kelompok vitamin yang dipercaya dapat berfungsi sebagai penyubur baik pada pria maupun wanita, yaitu:

  • Vitamin A

Vitamin A dalam bentuk retinol dan retinal berperan dalam sistem reproduksi pria dan wanita. Pada pria, vitamin A berperan dalam pembentukan sperma sedangkan pada wanita berperan dalam pembentukan sel telur, sehingga sel sperma dan sel telur akan lebih siap bersatu. Sebagai antioksidan yang kuat, vitamin A juga mampu menangkal serangan radikal bebas terhadap dinding sperma dan sel telur. Bahan makanan tinggi Vitamin A, antara lain hati, susu, kuning telur, dan keju.

  • Vitamin B Kompleks

Mengandung semua vitamin B (B1, B2, Niasin, Biotin, B6, B12 dan folat) sangat berperan dalam pemulihan energi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperbaiki sistem reproduksi, serta mengaktifkan hormon kelamin pria.  Vitamin B kompleks juga mengandung asam folat yang memiliki khasiat untuk mempersiapkan pembuahan sel telur pada wanita dan mempengaruhi pembentukan sperma juga mendorong nafsu seksual pada pria maupun wanita. Bahan makanan sumber vitamin B kompleks adalah sayuran berdaun hijau, ikan , hati, susu, daging, kepiting, kerang, tuna, kacang-kacangan dan telur.

  • Vitamin C

Merupakan antioksidan dan membantu menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan asupan zat besi serta memperbaiki sistem kekebalan tubuh. Bagi pria, antioksidan ini memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas merusak lapisan pembungkus sperma. Kekurangan vitamin C juga menyebabkan sperma menggumpal yang tentu saja berpengaruh pada kemandulan. “Vitamin C adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat bagi sperma. ” kata Larry Lipschultz M.D, dosen urologi di Baylor College of Medicine  di Houston.. Untuk itu disarankan bagi pria untuk mengkonsumsi 1000-1500 miligram vitamin C. Bahan makanan sumber vitamin C antara lain buah-buahan seperti jeruk, mangga, semangka, stroberi, jambu biji lokal, belimbing manis, mangga, kedondong, nanas, rambutan, sirsak, srikaya, kiwi dan Sayuran seperti brokoli, tomat, kol (terutama kol merah), paprika, cabai merah, cabai rawit, aneka lalapan daun muda (daun gandaria, daun jambu mete, daun pepaya, selada air), dan kecambah.

  • Vitamin E

Berperan dalam pembentukan hormon seks. Vitamin ini bekerja sama dengan selenium melindungi sel terhadap serangan radikal bebas terutama pada lapisan pelindung sperma. Wanita yang sulit hamil, menurut beberapa riset, umumnya darahnya memiliki kadar vitamin E rendah. Pada pria, Vitamin E juga meningkatkan kemampuan sperma membuahi sel telur. Ini karena vitamin E membantu produksi hormon seks, memperbaiki sirkulasi darah dan sebagai antioksidan. Bahan makanan sumber vitamin E antara lain, kenari, kacang mete, almond, kuaci tawar biji bunga matahari, brokoli, tauge, avokad, mentega, susu, dan minyak kedelai.

5. MINERAL

Dari sekian mineral yang dapat meningkatkan kesuburan antara lain:

  • Seng (Zn)

Banyak penelitian menunjukkan seng berkaitan dengan fungsi reproduksi. Pada bayi laki-laki yang kekurangan senyawa seng dalam tubuhnya dapat menyebabkan pertumbuhan organ seksualnya tak sempurna. Memasuki usia produktif, kekurangan seng dapat mempengaruhi gairah seksual dan dorongan untuk ejakulasi. tak hanya itu, kekurangan seng juga dapat berdampak pada penurunan jumlah sperma, pergerakan sperma dan hormon testoteron. Bahan makanan yang kaya seng antara lain daging sapi, oyster (kerang-kerangan), wijen, biji waluh kuning, beras merah, keju, telur.

  • Besi (Fe)

Kekurangan zat besi dapat menggagalkan pembuahan sel telur. Guna meningkatkan peran zat besi diperlukan cukup asupan vitamin C. Bahan makanan kaya zat besi antara lain udang, kerang, daging, kepiting, kuaci tawar biji labu, manisan kering alami (kurma, kismis/sultana, prune, aprikot), kacang-kacangan kering (kacang hijau, kacang merah, kacang tolo, kedelai, tempe).

  • Kalsium (Ca)

Berfungsi membantu melancarkan metabolisme tubuh sehingga dapat menyehatkan kerja sistem hormon reproduksi. Bahan makanan sumber kalsium antara lain susu, mentega, dan ikan laut.

  • Magnesium (Mg)

berfungsi untuk penyeimbang kolesterol dalam ubuh, karena kolesterol juga diperlukan untuk peningkatan hormon reproduksi, apalagi bagi pria. Bahan makanan sumber Magnesium adalah kacang-kacangan, sereal, seafood, dan sayuran hijau

  • Fosfor (P)

Kurangnya fosfor menyebabkan kurangnya produksi hormon testoteron. Bahan makanan sumber fosfor adalah rumput laut, sarang burung walet, kedelai kering, tempe, tahu, susu, keju, wijen, kacang almond, dan kacang tanah.

Sumber : Nakita


About these ads

5 Balasan ke Aneka Zat Gizi Penyubur Untuk Menghadirkan Buah Hati

  1. Assalamu’alaikum
    ukhti, bagaimana dengan orang yang menyusui sehingga tidak haid selama setahun? Apakah ada makanan yang bisa dikonsumsi untuk bisa haid lagi/ meningkatkan kesuburannya?

  2. Ummu Kautsar mengatakan:

    Wa’alaikumussalam.
    Sebenarnya makanan untuk wanita yang dalam masa prakonsepsi (sebelum hamil), saat hamil, ataupun nifas sama aja, harusnya makan-makanan yang bergizi, yang membedakan hanya porsinya.

    Untuk bisa haid lagi sebenarnya tergantung hormon, psikis (stres / kecapean), mungkin aja anti terlalu stres / kecapean, jadinya agak telat haidnya lagi setelah melahirkan. Dari sharing teman juga ada yang haid setelah lebih dari 1 tahun menyusui, jadi sebenarnya ga masalah.

    Tapi baiknya anti bisa ke dokter kandungan untuk ngecek, apa ada kelainan di rahim/ hormonal atau hanya masalah psikis aja, biasanya nanti kalau hanya masalah hormonal / psikis aja, akan diberi obat hormonal yang mengandung progesteron.

  3. Rahmatiarasyid mengatakan:

    Ummy, sy sdh mengalami implantasi sdh 2 mgu stlh periksa k dokter katanya blm terdeteksi apa penyebabx itu ummi tlg dong

    • Ummu Kautsar mengatakan:

      Maksudnya implantasi, bahwa anda hamil ya. Kalau baru telat 2 minggu mungkin anda bisa periksa test kehamilan dulu, kalau memang hasilnya positif kemungkinan besar anda hamil, kalau baru telat 2 minggu terus usg biasanya belum kelihatan, baiknya anda mengulangi usg 1 atau 2 bulan kemudian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: