Apa Sih Infeksi Saluran Kencing (ISK) Itu?

Infeksi saluran kencing atau ISK merupakan masalah kesehatan yang cukup serius di bagi jutaan orang tiap tahun. ISK merupakan penyakit infeksi nomor 2 yang paling banyak menyerang manusia di muka bumi. Umumnya penyakit ini menyerang kaum wanita tapi sering juga ditemukan laki laki yang menderita ISK.

Sistem saluran kencing atau sistem urin terdiri dari ginjal, ureter, kandung kencing dan urethra. Diantara keempat organ tersebut, ginjalah yang paling memegang peranan. Ginjal berfungsi menyaring sampah dari saluran darah, mengatur keseimbangan cairan, dan memproduksi beberapa hormon. Ureter berfungsi mengalirkan cairan hasil penyaringan ginjal ke kandung kemih untuk disimpan sementara dan bila kandung kemih sudah penuh maka akan dikeluarkan ke dunia luar melalui saluran urethra.

Setiap orang dewasa rata rata memproduksi satu sampai 2 liter urine perhari terggantung dari kondisi cuaca dan banyaknya cairan yang masuk.

Penyebab infeksi saluran kencing.

Secara normal, air kencing atau urine adalah steril alias bebas kuman. Infeksi terjadi bila bakteri atau kuman yang berasal dari saluran cerna jalan jalan ke urethra atau ujung saluran kencing untuk kemudian berkembang biak disana. Maka dari itu kuman yang paling sering menyebabkan ISK adalah E.coli yang umum terdapat dalam saluran pencernaan bagian bawah.

Pertama tama, bakteri akan menginap di urethra dan berkembang biak disana. Akibatnya, urethra akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan nama urethritis. Jika kemudian bakteri naik ke atas menuju saluran kemih dan berkembang biak disana maka saluran kemih akan terinfeksi yang kemudian disebut dengan istilah cystitis. Jika infeksi ini tidak diobati maka bakteri akan naik lagi ke atas menuju ginjal dan menginfeksi ginjal yang dikenal dengan istilah pyelonephritis.

Mikroorganisme seperti klamidia dan mikoplasma juga dapat menyebabkan ISK namun infeksi yang diakibatkan hanya terbatas pada urethra dan sistem reproduksi. Tidak seperti E. coli, kedua kuman ini menginfeksi orang melalui perantara hubungan seksual.

Faktor resiko

Beberapa orang memang mempunyai resiko menderita ISK lebih besar dari yang lainnya. Ketidaknormalan fungsi saluran kemih menjadi biang keladinya. Batu saluran kemih, pembesaran prostat akan menghambat pengeluaran urine sehingga mempermudah perkembang biakan kuman.

Orang dengan diabetes juga rentan menderita ISK akibat dari penurunan daya tahan tubuh. Penyakit lain yang mempunyai efek menurunkan daya tahan tubuh juga merupakan faktor resiko terjadinya ISK.

Infeksi saluran kencing juga sering ditemukan pada anak anak yang dilahirkan dengan ketidak normalan saluran kemih.

Perempuan lebih rentan menderita ISK bila dibandingkan dengan laki laki mungkin dikarenakan saluran urethra yang lebih pendek dan ujung anus yang letaknya dekat dengan ujung urethra.

Gejala ISK

Tidak semua penderita merasakan gejala ISK tapi umumnya ada satu gejala yang mereka rasakan walau tidak terlalu menganggu. Gejalanya antara lain, sering kencing dan kesakitan saat kencing, rasa sakit sampai terbakar pada kandung kemih.

Pada perempuan merasakan ketidaknyamanan pada tulang kemaluan. Umumnya orang yang menderia ISK akan selalu ingin kencing tetapi kencing yang dikeluarkan sangatlah sedikit.

Air kencingnya sendiri bisa berwarna putih, cokelat, kemerahan. ISK tidak akan menyebabkan demam selama masih menginfeksi urethra dan kandung kemih, demam muncul bila ginjal sudah kena. Gejala lain saat ginjal terinfeksi adalah adanya rasa sakit pada punggung, mual, atau muntah.

Pengobatan ISK

Infeksi saluran kencing diobati dengan obat obatan antibiotika. Pilihan obat dan lamanya pengobatan terggantung dari lamanya infeksi dan jenis kumannya. Bila memang gejala diatas muncul, sebaiknya segera ke dokter untuk memperoleh pengobatan.

Pencegahan ISK

Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah ISK antara lain :

  • Minumlah banyak cairan setiap hari.
  • Segeralah kencing bila ingin kencing, jangan hobi menahan kencing.
  • Untuk perempuan saat cebok, basuhlah dari depan ke belakang bukan sebaliknya.
  • Pilihlah shower saat mandi dibandingkan dengan bath tub.
  • Bersihkan kelamin saat akan berhubungan intim.
  • Hindari penggunaan cairan yang tidak jelas manfaatnya pada alat kelamin. Cairan ini dapat mengiritasi urethra.
About these ads

5 Balasan ke Apa Sih Infeksi Saluran Kencing (ISK) Itu?

  1. KenalanYuk.com mengatakan:

    wah, ilmu yg berguna…
    thx ya…
    ____________________________________________________________________
    http://WWW.KENALANYUK.COM <== facebook buatan INDONESIA ASLIII!!! AYOOO GABUNG!!!

  2. Ummu Rofiif mengatakan:

    Bismillah.
    Rofiif juga pernah kena mbak,wktu itu sering ngeluh sakit kalo pi2s,wktu tu pas d jakarta,jd dbawa sma ma2 ke RS Islam,pake dites lab segala,kata dokter ya itu Infeksi saluran kemih.tapi kayaknya waktu itu antibiotiknya g dihabisin deh…Bisa kena lagi ya mba kalo antibiotiknya g dihabisin?

  3. ummukautsar mengatakan:

    Bismillah. Bisa kena/ga tergantung pencetus ISK seperti masalah kebersihan, minum yang kurang, dan seberapa parah penyakit ISK yang sebelumnya. Untuk menghindari timbul lagi baiknya anti selalu menjaga kebersihan alat kelamin Rofiif, Rofiif diusahakan minum yang cukup dan dari air yang terjamin, sebelumnya dimasak dulu, kalau di Bekasi (rumah kami) airnya dah ga enak untuk minum, jadi kami untuk minum harus pake air Aqua, tapi dirumah anti pasti masih bagus karena anti tinggal di Malang.

    Kalau antiboitik ga dihabiskan, biasanya jadi resisten/kebal, maksudnya kalau Rofiif kena ISK lagi antibiotik dosisnya jadi lebih tinggi dari sebelumnya, Tapi semoga aja Rofiif sehat selalu dan ga kena ISK lagi. Dulu anti ga habisin antibiotiknya kenapa? Apa karena ROfiif ga cocok dengan antibiotik tersebut, kalau emang ga cocok dari awal, emang harusnya penggunaan antibiotik langsung dihentikan.

  4. Ummu Rofiif mengatakan:

    Bismillah.
    Afwan mbak ana di Jember bukan di Malang.Nti Bekasi mana mba,Barat/Timur?
    Dulu Rofiif g dihabiskan antibiotiknya karena ana kadang lupa/pas males,he..3x.Kalau masalah co2k enggaknya ana gak ngerti.Soalnya dlu ana kul-nya bkn keshatan,jd g tw.
    Mbak ana blh minta email nti?
    Jazakillahu khoiron.Salam unt.Kautsar.Barokumullah fiik

    • ummukautsar mengatakan:

      Wafik Barakallah. Afwan, ana lupa kalau anti di Jember, he he, maklum dah jadi ibu, dah banyak lupanya dan banyak kerjaannya (ngurus rumah, suami dan anak). Email ana muqfa@yahoo.com. Nick name ana di YM muqfa, kalau anti nick namenya apa? Biar kita bisa chatingan, jadi ngobrolnya lebih enak. Ana di Bekasi Utara, dekat stasiun Bekasi dan Pemda Bekasi, ditengah kota Bekasi. Cukup rame. Kalau di Jember, pasti lebih tenang dan nyaman. Anti rumahnya deket pondok ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: