Kelainan Kaki Pada Anak

Apakah anak Anda sering jatuh tiba-tiba, saat berjalan? Apakah si Kecil berjalan jinjit? Atau apakah posisi telapak kakinya tidak benar (mengarah ke luar atau ke dalam)? Dan apakah anak sering mengeluh capek jika berjalan dan bentuk tungkainya seperti buruf O atau X? Jika ya, Anda harus waspada, karena itu semua adalah bentuk kelainan pada kaki si Kecil!

FAKTOR PENYEBAB

Kelainan pada kaki anak antara lain dapat disebabkan oleh kurangnya asupan gizi, faktor keturunan dan pertumbuhan, serta stimulasi yang tidak benar, yang diterima oleh kaki anak sehari-hari. Seperti apakah stimulasi yang tidak benar itu? Misalnya bila:
1. si Kecil memakai sepatu bekas milik kakak/orang lain (sepatu bekas memiliki tapak kaki yang berbeda dan belum tentu sesuai dengan tapak kaki anak)
2. memilih sepatu hanya berdasarkan penampilan fisik, tanpa memperhitungkan fungsi sepatu
3. penggunaan popok modern/diaper yang kebesaran dan dipakai terus menerus pada saat anak baru belajar berjalan
4. posisi duduk membentuk huruf W/W sitting (lutut ke arah depan, tunngkai kaki ke arah belakang)
5. posisi menggendong, kedua kaki membentuk sudut 90 derajat
6. kebiasaan posisi tidur seperti kodok berpengaruh pada waktu lama, kaki yang satu lebih pendek dari kaki yang lain
7. penggunaan guling tidak sesuai, lebih pendek

MENGAPA KELAINAN PADA KAKI PERLU DIKOREKSI?

Saat lahir, fungsi bipedal atau kedua kaki anak belum tumbuh dengan baik. Dibutuhkan waktu 18 tahun untuk tumbuh menjadi kaki dewasa. Proses tumbuh kembang akan terus berubah karena sendi-sendi pada tungkai (dari paha hingga pergelangan kaki) dan kaki anak masih bisa berputar.

Saat usia anak 7 tahun, rotasi tungkai kaki mulai jauh berkurang . Dibutuhkan stimulasi yang benar dalam kurun waktu tsb agar pertumbuhan kaki anak juga benar.

Bila dalam pertumbuhannya kaki mengalami gangguan sehingga terjadi kelainan, tidak hanya menyebabkan penampilan kurang menarik secara estetika, tetapi juga beresiko pertumbuhan yang tidak sama antara kaki kiri dan kaki kanan (untuk beberapa kasus, karena posisi yang tidak benar, tubuh hanya disangga oleh satu kaki, akibatnya kaki yang satu lebih berkembang dari kaki yang lain, dan selisih bisa mencapai 7cm). Selain itu, kelainan pada kaki jika dibiarkan akan berpengaruh pada tulang belakang.

Jalan jinjit dapat mengakibatkan tumit belakang menjadi pendek, akibatnya anak tidak mampu menapak. Kelainan kaki berbentuk flat (kaki bertampak leper) tidak menjadi masalah jika tidak mengubah sudut-sudut lain di kaki. Kendalanya, anak cepat capek. Menjadi masalah jika flat feet memunculkan komplikasi. Jika kaki cepat capek, maka titik berat menjadi tidak tepat. Bentuk kaki menjadi tidak benar karena tulang menjadi pendek sebelah.

Untuk melakukan koreksi terhadap posisi kaki yang tidak benar, diperlukan waktu satu sampai dua tahun. Idealnya dilakukan saat usia anak < 5 tahun. Bila usia anak >7 tahun, terapinya akan lebih lama karena putaran tulang anak semakin sedikit.

Sumber:
Kelainan Kaki, Perbaiki Sebelum Usia 2 Tahun, Majalah Human Health tahun III, no 7 Juli 2004
Sepatu dan Pertumbuhan Kaki, KOMPAS, 2 April 2006

About these ads

4 Balasan ke Kelainan Kaki Pada Anak

  1. Yunidar Dewi mengatakan:

    Anak saya yang kedua umur 5 tahun 2 bln, dia sering jatuh saat berjalan.Kemampuan menulisnya pun sangat lambat.Padahal telah dibantu dengan garis putus2 sprt buku anak pra-sekolah. Bila belajar mesti di tunggui, kalo ditinggal sebentar dia akan asyik dengan kegiatan lain bukan menulis seperti yang saya suruh. Apakah ada gangguan tertentu pada anak saya ini? mohon penjelasannya.Terima kasih

    • Kautsar mengatakan:

      Saya belum tahu pastinya, baiknya ibu konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis anak, kalau memang menurut dokter ada masalah, mungkin anak ibu akan diperiksa lebih lanjut dan mengikuti tes-tes tertentu

  2. hayril mengatakan:

    saya memiliki anak umur 2tahun 2 blan,pada waktu umur 1thn lbih jalan kakinya baik2 saja,trus pada saat umur 2 thun 2 blan ini jalan kakinya agak nga berimabang ,untuk kesehantannya nga ada masalah untuk berjalan dan berlari ,,mohon penjelasannya .trima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 26 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: